Bahasa

Jumat, 08 April 2011

Indonesia Adalah Negara Yang Kaya Raya

http://m.kompasiana.com/post/bisnis/2011/04/02/betapa-kaya-negeriku-indonesia/

Betapa Kaya Negeriku, Indonesia…

Oleh: Rasyid | 02 April 2011 | 10:57 WIB


“Gemah Ripah Loh Jinawi, Karto Titi Tentrem Karta tur Raharja”

Mungkin kita sudah biasa mendengar slogan itu. Menggambarkan betapa kayanya negeri ini dengan sumber daya alam. Sebagian dari kita yakin bahwa Indonesia adalah negara kaya SDA, termasuk di antaranya Minyak Bumi dan Gas Bumi (Migas). Kita juga yakin bahwa jika Migas Indonesia tidak dikorupsi, maka negara kita akan kaya. Lalu sebagian membandingkan dengan Brunei, Qatar, dan Arab Saudi dan sebagainya.

Sebenarnya, seberapa kaya sih negeri kita ini akan Migas? Mari kita lihat

Data ini saya ambil dari World Factbook–CIA yang di dalamnya tersedia data tentang produksi migas dan populasi.

Dari tabel di atas, sepertinya sudah terlihat seberapa kaya migas Indonesia. Saya hanya mengajak pembaca yang budiman untuk merenung. Menurut pendapat saya, ada yang salah tentang paradigma dan persepsi kita selama ini. Kita selalu di-nina bobok-kan dengan informasi bahwa negara ini “kaya”. Tabel di atas hanya ingin memberikan gambaran bahwa, memang mungkin minyak kita cukup banyak tapi tidak cukup bagi kita untuk mengandalkan hidup dari migas saja.

Keadaan yang berbeda dengan Qatar, Brunei, dan Arab Saudi. Ketiga negara tersebut, tidak perlu bersusah payah. Migas saja sudah cukup untuk menghidupi rakyat di negerinya.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Ubah paradigma “kekayaan alam” itu dan ganti dengan paradigma model “Asia Timur” yaitu bangun industri dan galakkan perdagangan ekspor-impor!

Jayalah Indonesia!!!
http://bataviase.co.id/node/525541


Indonesia Bisa Menjadi Adidaya Geotermal

10 Jan 2011

International⁠ Media Indonesia⁠

Potensi energi panas bumi di Indonesia mencapai 40% potensi dunia, namun pemanfaatannya baru mencapai 4%.

Jaka Budi Santosa

INDONESIA punya potensi s,inj,.i i untuk mengembang .in panas bumi (geotermal) sebagai energi bersih sumber tenaga listrik. Potensi ini h.irus dimaksimalkan untjjk mendukung upaya pencegahan perubahan iklim. Hal tersebut diutarnkan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore saal membuka pelatihan penanganan perubahan iklim bagi peserta dari negara -negara Asia Pasifik di Jakarta, kemarin. Panas bumi adalah sumber energi terbarukan yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan bebatuan bersama mineral di perut bumi.

"Indonesia merupakan negara penghasil panas bumi ketiga dunia. Dengan meman-Ki.itkannya sebagai energi, bisa meminimalisasi jumlah karbon yang dihasilkan proses produksi energi di dunia saat ini," tandasnya.1

Data dari Pertamina Geothermal menunjukkan, potensi energi panasbumi di Indonesia mencapai 40% potensi dunia.

Namun, pemanfaatannya baru mencapai 4% dari seluruh potensi yang ada Imlonesia bisa menjadi negara adidaya penghasil listrik, dari panas bumi," ujar Al Core.

Dia menilai, banyak langkah yang bisa diambil untuk mengurangi emisi sekaligus ngkatkari pendapatan dan perekonomian Indonesia. Dengan penggunaan energi geotermal, Indonesia pun diyakini bisa ikut menyelamatkan bumi dan kelangsungan hidup manusia.

Peraih Nobel Perdamaian 2007 itu menegaskan, ancaman perubahan iklim yang terjadi saat ini merupakan dampak kegiatan manusia yang telah menyumbang polusi gas rumah kaca hingga 90 juta ton ke atmosfer.

"Coba pikirkan, peningkatan ketidakjelasan prediksi cuaca telah berdampak pada perkembangan pertanian dunia saat ini."

Al Gore datang ke Indohesia untuk membuka pelatihan The Climate Project se-Asia Pasifik. The Climate Project adalah jaringan yang ia buat setelah filmdokumentemya mengenai perubahan iklim, The Inconvenienl Truth, meledak di dunia.

Menurut Manajer The Climate Project Indonesia Amanda. Katili Niode, jaringan ini dibentuk untuk menyebarkan informasi mengenai perubahan iklim kepada komunitas. Al Gore pun tidak hanya melatih jaringannya untuk menyebarkan informasi mengenai perubahan iklim.

"Tapi juga menyampaikan solusi untuk mencegah perubahan iklim. Salah satunya geothermal energy yang Anda dengar juga tadi," tutur anggo*-ta Dewan Nasional Perubahan Iklim itu.

Pelatihan tersebut diikuti

350 peserta dari 21 negara di Lm .isan Asia Pasifik. Sebagian besar peserta berasal dari Indonesia dengan latar belakang profesi beragam mulai dari pelajar, ilmuwan, polisi, pegawai bank, aktivis LSM, wartawan, hingga pejabat pemerintahan.

Mereka nantinya akan melakukan presentasi mengenai perubahan iklim dan solusi pencegahan kepada komunitas masing-masing. "Minimalnya 10 kali dalam setahun," tutur Amanda.

Salah seorang peserta, mahasiswa Swiss German University, Hamzah Ramadhan, mengaku mendapat banyak masukan dari pelatihan itu. Hal yang sama diungkapkan Nur Rach-mani Fajar yang bekerja sebagai jurnalis, dan Ratu Sovi Arinta, staf Kedubes Australia.

"Al Gore membantu mentransfer fakta ilmiah tentang perubahan iklim hingga bisa dicerna orang awam dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari," tutur Ratu. (*/H-l)jaka@mediaindonesia.com

Indonesia Zamrud Khatulistiwa

Oleh: AnneAhira.com

Indonesia adalah sebuahn egara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil. Dari jumlah tersebut, hanya dua pertiga saja yang dihuni. Bahkan lebih dari setengah jumlah pulau di Indonesia yang belum mempunyai nama.

Dengan banyaknya pulau di Indonesia ini tentu saja membuat Indonesia kaya akan sumber daya alam. Sebutan zamrud khatulistiwa juga diberikan kepada Indonesia karena jika dilihat dari udara, Negara Indonesia berwarna hijau seperti batu zamrud yang sangat indah dan terletak di garis khatulistiwa.

Indonesia Negara Bahari

Karena terdiri dari ribuan pulau, dua pertiga wilayah Indonesia terdiri dari perairan. Wilayah lautnya sangat luas, Tidak heran jika banyak penduduk Indonesia yang bekerja sebagai nelayan. Apalagi wilayah laut Indonesia sangat kaya dengan beraneka ragam ikan dan kekayaan laut lainnya seperti kerang, mutiara, rumput laut, dan juga keindahan lautnya.

Pantai-pantai yang ada di Indonesia menawarkan keindahan yang terkenal di seluruh dunia. Orang-orang pasti mengenal Bali dengan pantai Kuta nya. Padahal Bali hanyalah sebagian dari keindahan yang ada di Indonesia.

Kekayaan Alam Indonesia

Selain kaya dengan sumber daya laut, Indonesia juga kaya dengan hasil tambang. Tambang minyak bumi, batu bara, emas, timah, aluminium dan masih banyak lagi jenis logam yang ada di Indonesia. Selain tambang, kekayaan alam Indonesia juga terdiri dari tumbuhan-tumbuhan rempah dan buah-buahan.

Rempah-rempah dari Indonesia sudah terkenal ke seluruh dunia. Di masa lalu, rempah-rempah Indonesia ini menjadi rebutan bangsa-bangsa lain dan mengakibatkan Indonesia dijajah selama 350 tahun. Buah-buahan dari Indonesia terkenal manis dan kaya akan vitamin.

Flora dan Fauna

Karena memiliki hutan yang sangat luas, Indonesia juga memiliki banyak sekali jenis binatang maupun tumbuh-tumbuhan. Bahkan banyak di antara binatang dan tumbuh-tumbuhan tersebut yang hanya terdapat di Indonesia. Tidak sedikit di antara binatang dan tumbuhan tersebut yang dilindungi karena jumlahnya yang sangat sedikit.

Salah satu binatang yang dilindungi dan hanya ada di Indonesia adalah komodo. Komodo adalah kadal raksasa yang merupakan salah satu binatang purba yang tersisa. Bentuknya mirip dengan buaya dan beratnya bisa mencapai 120 kg.   

Aneka Ragam Suku Bangsa dan Bahasa

Selain mempunyai banyak sekali kekayaan alam maupun kekayaan laut, Indonesia juga memiliki banyak sekali suku bangsa dan bahasa. Masing-masing suku bangsa mempunyai kebudayaan sendiri-sendiri dan menambah kekayaan yang ada di Indonesia. Tetapi semua suku bangsa tersebut tetap bersatu dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua.

Dengan keindahan alam yang ada di Indonesia, membuat banyak sekali wisatawan dari luar Indonesia yang datang untuk melancong. Para wisatawan ini mengatakan mereka puas berkunjung ke Indonesia. Ditambah lagi dengan keramahan penduduknya, banyak di antara para wisatawan ini yang tidak sabar untuk kembali lagi ke Indonesia.

http://www.anneahira.com/indonesia-290.htm

Sumber daya alam di Indonesia adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Proses terbentuknya sumber daya alam di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :
1. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropik dengan curah hujan tinggi menyebabkan aneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Oleh karena itu Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan.


2. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda menyebabkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan.
3. Wilayah lautan di Indonesia mengandung berbagai macam sumber daya nabati, hewani, dan mineral antara lain ikan laut, rumput laut, mutiara serta tambang minyak bumi.

Persebaran Sumber Daya Alam
Hayati teridiri dari sumber daya alam hewani dan nabati yang tersebar didarat dan laut selain hutan yang luas, Indonesia memiliki perkebunan dan pertanian tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Jumlah dan kualitas sumber daya alam sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia selain itu kualitasnya pun sangat bagus sehingga dapat diekspor di berbagai negara sehingga dapat memenuhi devisa negara.

Jenis sumber daya alam yang diekspor seperti minyak bumi, gas alam dan bahan tambang lainnya serta hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan pariwisata selain itu hasil industri juga dapat diekspor keluar negeri.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Sebagai modal dasar, sumber daya alam harus dimanfaatkan sepenuh-penuhnya tetapi dengan cara yang tidak merusak. Oleh karena itu, cara-cara yang dipergunakan harus dipilih yang dapat memelihara dan mengembangkan agar modal dasar tersebut makin besar manfaatnya untuk pembangunan dimasa datang.

Tenaga ahli memanfaatkan sumber daya alam dengan teknologi yang canggih. Tenaga ahli yang bermutu akan menghasilkan bibit yang bermutu dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan menghasilkan industri yang berkualitas.

Teknologi yang digunakan beserta alat-alatnya yang berkembang dengan pesat dapat mempercepat dan mempermudah produktivitas alat-alat yang digunakan tenaga ahli Indonesia masih kurang canggih seperti di negara-negara maju tetapi tenaga ahli Indonesia masih bisa menghasilkan sumber daya alam yang memuaskan.

Pencemaran
Terjadi karena ulah manusia sendiri yang menyebabkan berubahnya keadaan alam karena adanya unsur-unsur baru atau meningkatnya sejumlah unsur baru sehingga menyebabkan berbagai jenis pencemaran seperti :
1. Pencemaran udara : hasil limbah industri, limbah pertambangan, asap rokok, asap kendaraan bermotor karena mengeluarkan karbon monoksida, karbon dioksida, belerang dioksida yang menyebabkan udara tercemar dan susah bernafas.
2. Pencemaran suara-suara dapat ditimbulkan dari bisingnya suara mobil, kereta api, pesawat udara dan jet.
3. Pencemaran air dari pembuangan sisa-sisa industri secara sembarangan bisa mencemarkan sungai dan laut.
4. Pencemaran tanah.

Pencemaran dapat dicegah dengan tidak membuang limbah sembarangan seperti pabrik-pabrik yang selalu membuang limbah, mengurangi kendaraan berasap dan mengurangi kebisingan yang ada dan banyak lagi yang lain.

Mengatasi pencemaran
a. Dengan mengadakan penghijauan dan reboisasi, usaha penghijauan dan reboisasi hutan dapat mencegah rusaknya lingkungan yang berhubungan dengan air, tanah dan udara.
b. Dengan membuat sengkedan pada lahan yang miring untuk mencegah erosi dan menjaga kesuburan tanah yang berbukit-bukit dan miring.
c. Pengembangan daerah aliran sungai merupakan daerah peta terhadap kerusakan dan pencemaran karena sering terjadi pengikisan lapisan tanah oleh aliran sungai.
d. Pengelolaan air limbah
- dengan pengaturan lokasi industri agar jauh dari pemukiman penduduk
- mencegah agar saluran air limbah jangan sampai bocor
- industri yang menimbulkan air limbah, diwajibkan memasang peralatan pengendali pencemaran air.
e. Penertiban pembuangan sampah dengan cara sebagai berikut :
1. dibakar
2. untuk makan ternak
3. untuk biogas
4. untuk bahan pupuk
f. Dengan mengadakan daur ulang terhadap bahan-bahan bekas dan sampah organik.

http://intl.feedfury.com/content/16434038-sumber-daya-alam-indonesia.html

Visi Ekonomi Indonesia 2025

Kaya Sumber Daya Alam

Vina Ramitha



INILAH.COM, Jakarta – Kekayaan sumber daya alam Tanah Air akan menopang Visi Ekonomi Indonesia 2025, sebagaimana hasil kajian Kementerian Koordinator Perekonomian.

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA), baik yang bisa diperbarui seperti produk-produk pertanian, maupun yang tidak bisa diperbarui seperti hasil pertambangan dan mineral. Kekayaan ini tersebar dari Sabang hingga ke Merauke.


Negara ini pun merajai manufaktur untuk berbagai komoditas. Termasuk cengkeh, dimana Indonesia saat ini tercatat sebagai produsen terbesar dunia. Kemudian minyak kelapa sawit, karet alami, kakao dan produk-produk pertanian lainnya.

SDA domestik sudah sepantasnya dieksploitasi secara optimal. Indonesia seharusnya tak sekadar mengambil dan mengekspornya. Namun juga menciptakan dan dan mengekspor komoditas yang benar-benar memiliki nilai tambah.

http://m.inilah.com/read/detail/1332962/detail-berita/

Mangrove di INDONESIA (yang kaya sumberdaya)

Secara disengaja, hari ini fulan berkunjung ke http://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/ untuk melihat image of d-day. Muncullah sebuah Negara Kepulauan sebagai salah satu dalam tampilan image of d-day yakni INDONESIA. Jadi teringat akan tulisan pembuka yang kerapkali digunakan oleh para peneliti, penulis, akademisi dan lain sebagainya untuk membuka pembicaraan atau tulisan mengenai sumberdaya kelautan dan permasalahannya di Indonesia yakni bahwa INDONESIA merupakan negara Maritim, Kepulauan, Kelautan, dan lain sebagainya dimana 70% wilayahnya berupa lautan, membentang 81.000 km garis pantainya dan lain sebagainya lagi dan lagi.

Sungguh luar biasa potensi Negera Kesatuan Republik Indonesia ini coba bayangkan betapa dunia menatap kita (baca: sumberdaya alam). Betapa butuhnya dunia akan INDONESIA terkait pula perubahan iklim yang kain digembor-gemborkan.

Apakah salah satu sumberdaya kelautan itu?

Mangrove, jawab fulan.

Kawasan hutan mangrove di Indonesia telah menyusut dari 4,2 juta hektar pada tahun 1982 sampai 2 juta hektar, ujar sebuah LSM (dimuat di dalam The Jakarta Post 6 Desember 2010).

"Sekitar 70 persen hutan mangrove di Indonesia berada dalam kondisi kritis dan rusak berat," kata Menteri Kelautan dan Perikanan RI Bapak Fadel Muhammad ketika meluncurkan kampanye penanaman bakau di desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (30 Juli 2010). Dimuat di dalam Antara News pada hari sabtu 31 Juli 2010.

" Rawa bakau dapat membantu masyarakat pantai di Indonesia dalam menangkis laut yang naik/meningkat dan badai tropis kuat yang disebabkan oleh perubahan iklim," ujar para ahli yang dimuat dalam Reuters.

The Jakarta Post menuliskan :

RI’s mangrove forests shrinks to 2 million ha

Antara News menuliskan :

Minister: Indonesia`s mangroves in critical condition

Reuters menuliskan :

Mangroves help Indonesia fend off climate change

Ketiga tulisan tersebut adalah sumber-sumber yang dipergunakan dalam tulisan ringkas di situs NASA yang memuat gambar persebaran Mangrove di dunia dan Indonesia. Berikut referensi yang dipergunakan, jika ada yang tertarik membacanya secara langsung silahkan meluncur ke TKP.

Antara News (2010, July 31). Minister: Indonesia`s mangroves in critical condition.Accessed November 29, 2010.

Giri, C., Ochieng, E., Tieszen, L. L., Zhu, Z., Singh, A., Loveland, T., Masek, J. and Duke, N. (2010) Status and distribution of mangrove forests of the world using earth observation satellite data. Global Ecology and Biogeography, DOI: 10.1111/j.1466-8238.2010.00584.x.

The Jakarta Post (2010, March 21). RI’s mangrove forests shrinks to 2 million ha.Accessed November 29, 2010.

MangroveWatch (n.d.) Mangroves in Australia. Accessed November 29, 2010.

Landsat at NASA (2010, August 18). Landsat Enables World’s Most Comprehensive Mangrove Assessment. Accessed November 29, 2010.

http://ajiputrap.blogspot.com/2010/12/mangrove-di-indonesia-yang-kaya.html
indonesia-adalah-negara-yang-kaya-raya/

Indonesia Adalah Negara Yang Kaya Raya

Anugerah yang luar biasa dari Sang Maha Pencipta diberikan kepada negara yang penuh keindahan ini, hal ini bukan saya seorang saja yang mengakuinya, bahkan warga negara-negara lain pun memuji keanekaragaman kecantikan Indonesia yang memesona. Bukan begitu?

Ketika keadaan diri kita merasa penat/strees dengan hiruk pikuk pekerjaan sehari-hari, cukup dengan berjalan memandangi taman-taman indonesia, sudah cukup rasa penat itu hilang ditebas keindahan taman itu. Alangkah bahagianya penduduk negeri kita ini..

Tapi terkadang sungguh miris disaat diriku melihat dengan mata kepala sendiri beberapa warga yang dengan teganya membuang sampah seenak udelnya, bahkan merusak keadaan lingkungan yang lain (pencemaran). dan dengan santainya pengamen ala anak punk bergelantungan(yang gak pernah mandi) di bus-bus kota, pengemis yang berkembang biak, para penjahat mulai dari kelas teri hingga kelas paus bertebaran dimana baik dijalan hingga digedung-gedung pencakar langit. Na’udzu billahi min dzalik.

coba kita selayang pandang sejenak, betapa indahnya Indonesia kita…

1. Pulau Weh, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam
2.Annai Velankanni, Medan, Sumatera Utara
3.Danau Ranu Kumbolo,
4. Taman Nasional Bromo –

5. Tengger – Semeru, Jawa Timur

6. Savana Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo – Tengger Semeru, Jawa Timur


7.Kreung Tenom, Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam

Kawah Ijen, Jawa Timur, Indonesia

8. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
9.Gunung Bromo, Jawa, Indonesia

10. Tornado di Pantai Senggigi, Lombok, Indonesia

11. Uluwatu, Bali, Indonesia

12. Rumah Batak Toba, Sumatera Utara
13.Pantai Kuta, Lombok, Indonesia

14. Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara

15. Masjid Raya Medan, Sumatera Utara

16. Gunung Sumbing antara Wonosobo – Pacitan, Jawa, Indonesia
17.Pulau Samosir, Sumatera Utara

18.Pantai Parai namanya; berada di kota sungailiat bangka

Tidak ada komentar: