Daud AS dalam Al-Qur'an

Terdapat 18 ayat yang mengandung kata Daud AS dalam Al-Qur'an

Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam. (AL BAQARAH (Sapi betina) ayat 251)

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, 'Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada daud. (AN NISAA' (WANITA) ayat 163)

Telah dila'nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan daud dan 'Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. (AL MAA-IDAH (HIDANGAN) ayat 78)

Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yaqub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (SURAT AL AN'AAM (Binatang ternak) ayat 84)

 Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada daud. ( AL ISRAA' (Memperjalankan di malam hari ) ayat 5
HASIL PENCARIAN


Dan (ingatlah kisah) daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu, (AL ANBIYAA' (NABI-NABI) ayat 78)

 Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) {967}; dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama daud. Dan kamilah yang melakukannya. (AL ANBIYAA' (NABI-NABI) ayat 79)

 Dan telah Kami ajarkan kepada daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah). (AL ANBIYAA' (NABI-NABI) ayat 80)

 Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman". (AN NAML (SEMUT) ayat 15)

 Dan Sulaiman telah mewarisi daud {1093}, dan dia berkata: "Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata". (AN NAML (SEMUT) ayat 16)

 Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama daud", dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (SABA' (KAUM SABA') ayat 10)

 Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (SABA' (KAUM SABA') ayat 13)

Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami daud yang mempunyai kekuatan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan). (SHAAD ayat 17)

 Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (daud) di waktu petang dan pagi, (SHAAD ayat 18)

 Ketika mereka masuk (menemui) daud lalu ia terkejut karena kedatangan) mereka. Mereka berkata: "Janganlah kamu merasa takut; (kami) adalah dua orang yang berperkara yang salah seorang dari kami berbuat zalim kepada yang lain; maka berilah keputusan antara kami dengan adil dan janganlah kamu menyimpang dari kebenaran dan tunjukilah kami ke jalan yang lurus. (SHAAD ayat 22)

 Daud berkata: "Sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini". Dan daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat. (SHAAD ayat 24)
Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan. (SHAAD ayat 26)

 
Dan Kami karuniakan kepada daud, Sulaiman, dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat ta'at (kepada Tuhannya), (SHAAD ayat 30)

Komentar

Populer

Nama-Nama Peradaban Islam Mewarnai Oklahoma Negara Bagian Amerika Serikat

Ternyata Alquran Juga Memaktubkan Tentang Banjir

Nama-Nama Kota Peradaban Islam Mewarnai Oregon Negara Bagian Amerika Serikat

5 Millennial Cafes in Jakarta, need be visited